Monday, September 19, 2011

Nutrisi dan Gizi yang diperlukan Ayam Petarung Kesayangan Kita

 
Untuk memaksimalkan potensi yang ada pada ayam kesayangan kita, maka diwajibkan bagi kita untuk mengetahui nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh ayam jago kesayangan kita baik itu dimasa latihan ataupun sewaktu diuji kemampuannya di arena. Saya mencoba memaparkan beberapa jenis nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh ayam jago kesayangan kita(bila ada kekurangan mohon maaf dan bisa memberikan tambahan).

1. Karbohidrat.
Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh ayam jago kita sebagai sumber tenaga dan penjaga stamina baik dimasa latihan ataupun sewaktu diarena. Di masa latihan karbohidrat dibutuhkan dalam aktivitas latihan, dimana bila ayam kita kekurangan karbohidrat sewaktu latihan maka lemak yang ada pada ayam akan digunakan sebagai sumber tenaga. Kita tahu bahwa ayam rawatan dari kebanyakan pemain/penghobi ayam tidak memiliki lemak yang berlebihan sehingga apabila kekurangan karbohidrat pada ayam rawatan kita di waktu latihan akan terjadi pemecahan protein sebagai cadangan tenaga terakhir. Bila sering terjadi maka bukannya hasil yang bagus yang kita dapatkan sehabis latihan ayam tetapi sebaliknya stamina yang menurun, otot ayam yang mengecil, ayam yang biru sewaktu dilaga, menurunkan kekuatan pukulan dan bahkan menyebabkan penyakit bagi ayam itu sendiri. Karbohidrat juga sangat dibutuhkan oleh ayam jago sebagai bahan bakar penjaga stamina di arena dimana ayam kita akan bertarung selama 6 ronde yang setiap rondenya 15 menit. Ayam yang tidak memiliki cadangan karbohidrat yang cukup akan nampak dalam latihan maupun di arena. Meskipun bukan murni hanya karena faktor kekurangan karbohidrat tapi beberapa gejalanya yaitu : ayam tidak berstamina dan tidak bertenaga, sayap cepat turun, napas tidak kuat, pukulan nyasar, frekwensi ayam memukul tidak seperti biasanya, mulut cengap2 dan lain-lain. Kita pasti tidak ingin hal buruk ini menimpa ayam kesayangan kita.

2. Protein.
Protein berguna untuk membentuk volume otot. Otot yang baik sangat berperan bagi ayam jago kita, di mana dapat menghasilkan pukulan yang tepat dan keras. Otot juga dapat berfungsi sebagai tameng terakhir dari serangan- serangan lawan. Protein juga bisa meningkatkan semangat tarung dan mental dari ayam jago kita.

3. Lemak
Lemak berfungsi sebagai cadangan tenaga bila karbohidrat telah habis. Hanya saja ayam jago kita tidak membutuhkan banyak lemak karena akan membuat badan ayam cepat capek dan kecepatan badan yang berkurang. Ayam jalu membutuhkan lemak lebih sedikit dibandingkan ayam pukul yang kemungkinan akan sering bertarung panjang.

4. Vitamin dan Mineral
Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air :
- Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
- Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K
Vitamin berfungsi untuk menambah kelincahan ayam jago kita, menjaga daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan setelah luka2, membantu metabolisme makanan, memperkuat tulangan, mencegah keram otot pada ayam dan lain-lain.

Jenis Mineral

Berdasarkan jenisnya, mineral dibagi 2 macam yaitu, sebagau berikut:
-Makromineral (terdiri dari: kalsium, Al, Mg, P, sodium (Na), dan sulfur)
-Mikromineral (terdiri dari: Fe, I2, Flour, Mn, Zinc, cuprum, cobalalt dan kromium).

Fungsi utama mineral yaitu:

-Sebagai kompenen utama tubuh (structural element) atau penyusun kerangka tulang dan otot-otot.

-Merupakan unsur dalam cairan tubuh atau jaringan, sebagai elektrolit yang mengatur tekanan osmuse (Fluid balance), menegatur keseimbangan basa asam dan permeabilitas membran. Contoh adalah Na, K, Cl, Ca dan Mg

-Sebagai aktifator atau terkait dalam peranan enzyme dan hormon.
-Dapat membantu membuat sel darah yang baru



5. Air
Fungsi air bagi ayam jago kita :
- Membantu metabolisme tubuh
- Pengatur suhu tubuh
- Sebagai alat transportasi gizi
- Sebagai pelumas persendian
- Membantu ketahanan stamina

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat sebagai masukan dalam pemberian gizi untuk teman-teman. Bila ada kekurangan saya mohon yang lain menambahkan, dan bagi saya kesulitannya yaitu bagaimana menakar jumlah nutrisi/gizi ini agar seimbang dengan kebutuhan ayam jago kita dan juga faktor biaya tentunya,heheh, terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Pukulan yang Buat Lawan Lari